Home  Review OPPO Enco Buds2, Sensasi Suara Jernih!

Review OPPO Enco Buds2, Sensasi Suara Jernih!

teknohow.comReview OPPO Enco Buds2 – OPPO Enco Buds2 merupakan earphone stereo nirkabel (TWS) sejati dengan memakai sistem konektivitas Bluetooth 5.2. Bersama alat ini, OPPO bermaksut memberi kebebasan pada penggunanya ketika sedang menikmati dan mendengar music. TWS dengan codec AAC ini menggunakan technology binaural. Itu berarti earphone sebelah kanan dan sebelah kiri menerima transmisi audio direct dari perangkat sumbernya. Ini dapat mengurangi latensi.

Untuk ketahanan batrai, earphone tanpa kabel ini dapat memutar music sampai 7jam dengan hanya sekali pengisian saja. Dan saat digunakan dengan charging case, batrai OPPO Enco Buds2 bisa bertahan sampai 28jam. Secara menyeluruh, ketahanan batrai OPPO Enco Buds2 lebih lama jika dibandingkan pendahulunya yaitu Enco Buds, yang cuman menyediakan baterai dengan ketahanan hanya 24jam.

Desain dan pengoperasian OPPO Enco Buds2

Review Oppo Enco Buds2

Dari segi desain, OPPO Enco Buds2 terlihat berbeda sekali jika dibandingkan sama Enco Buds yang sebelumnya. Sekarang TWS teranyar OPPO menawarkan desain bulat pada casing bagian untuk mengisi daya. Setiap earphone, di sisi lain, sekarang berbentuk memanjang dengan ada batangannya. Untuk referensi, Enco Buds versi sebelumnya mempunyai casing pengisi batrai dengan earphone oval tanpa batang.

Casing pengisi daya Enco Buds2 dibuat dari plastik yang mengkilap. Meski dibuat dari plastik, product ini memberikan kesan strong dengan engsel yang gagah. Di bagian bawah ada port USB Type-C yang dibuat khusus untuk mengisi daya baterai. Port USB Type-C dibagaian sisi memiliki indikator LED mungil yang berfungsi untuk status serta indikator level batraiĀ  selama pengisian berlangsung.

Tak ada tombol pada casing pengisi batrai Enco Buds2. Maka dengan itu, proses pairing cuman andalkan mekanisme closing. Saat dibuka, TWS ini akan masuk ke mode pairing. Penutup kasing pengisi daya earphone juga dibarengi dengan mekanisme magnetik demi memudahkan akses.

Bentuk earphone sendiri dibikin supaya ukurannya pas dengan liang telinga. Jenis earphone tanpa kabel ini yaitu in-ear, itu berarti memiliki ujung karet silicon yang terpasang dan masuk ke saluran telinga. Anda bisa mengganti ujung karet silicon agar lebih pas dengan telinga Anda. Tergantung pada ukuran saluran telinga, ada 3 pasang ujung karet silicon yang dapat diganti-ganti dalam kemasannya. Sebagai catatan, selain demi kenyamanan, karet silikon yang tepat juga menjadi satu dari beberapa faktor yang menentukan kwalitas music yang akan Anda peroleh.

Setiap earphone memiliki sensor kapasitif di bagian belakang yang bisa diakses dengan sentuhan. Anda bisa memakai sensor ini untuk memanipulasi music, dll. Ketuk 2 kali sensor untuk memutar lagu yang selanjutnya dalam daftar putar. Cukup ketuk sensor 3 kali untuk play lagu sebelumnya.

Untuk mengakses kontrol volume, tekan serta tahan sensor di earphone kanan untuk meningkatkan volume musik. Sebaliknya, untuk mengecilkan volume music, tekan lalu tahan area sensor pada earphone kiri. Saat ada telepon yang masuk, ketuk 2 kali sensor earphone kiri atau kanan untuk menjawab panggilan (kamu juga dapat menggunakan gerakan ini untuk stop panggilan).

Performa OPPO Enco Buds2

Review Oppo Enco Buds2

Kalau Anda orang yang menggunkaan smartphone OPPO, Anda bisa dengan cepat menyambungkan Enco Buds2. Ketika Anda buka tutup wadah isi daya, hp segera memperlihatkan perintah Enco Buds2 dan hanya mengonfirmasi koneksi (feature ini disebut Open-up Flash Connect). Hal praktis lain dari Enco Buds ialah feature reconnect otomatis.

Proses pairing untuk ponsel non-OPPO juga gampamg sekali. Buka saja casing pengisi daya Enco Buds2. Pada titik ini, earphone akan masuk ke mode berpasangan. Kemudian pilih OPPO Enco Buds2 di pengaturan Bluetooth ponsel Anda.

Sebelumnya telah dipahamkan bahwa earphone Enko Buds2 memiliki sensor yang mengontrol pengoperasian musik. Tindakan ini bisa diatur ulang sesuai selera Anda. Untuk para pemakai ponsel OPPO, buka setting Bluetooth dan pilih ‘Fitur Earbud’ dan tetapkan akses operasional sesuai kemauan Anda. Kalau Anda tidak sebagai pengguna smartphone OPPO, Anda bisa mengunduh aplikasi HeyMelody untuk lakukan hal yang serupa.

Setiap earphone Enco Buds2 beratnya hanya 4g. Jadi TWS teranyar besutan OPPO ini tidak akan menyakiti telinga Anda jika Anda menggunakannya terlalu lama. Perangkat tidak gampang jatuh saat dipakai saat aktif berolahraga. Yang menarik adalah Enco Buds2 bersertifikat IPX4 dimana bisa tahan terhadap keringat dan air.

OPPO dibarengi technology AI Deep Noise Cancellation di Enco Buds2. Feature ini memiliki guna untuk mengurangi kebisingan sekitar ketika lakukan aktivitas panggilan memakai TWS ini. Cara kerja AI Deep Noise Cancellation ialah melacak suara manusia secara dinamis dan kemudian kecerdasan buatan (AI) mendeteksi kebisingan sekitar yang tak diinginkan. Ketika malekukan aktivitas panggilan, feature ini membuat Anda bisa mendengar panggilan suara dengan jelas, bahkan di lingkungan yang berisik.

Tentu saja saya menguji TWS Enco Buds2 sambil dengarkan music. Music yang aku dengar berasal dari aplikasi Spotify dalam kualitas ‘Sangat Tinggi’. Lagu pertama yang saya dengarkan melalui earphone ialah ‘Viva Forever’ oleh Spice Girls. Saya suka efek stereo yang disediakan Enco Buds2 di bagian awalan lagu.

Instrumen bernada sedikit lebih tinggi yang mengalir dari saluran kiri ke kanan terdengar halus dengan efek lebar. Pemisahan stereo instrumen gitar dalam musik masih terdengar di saluran kiri dan kanan. Perlu dicatat bahwa Enco Buds2 tidak terlalu agresif untuk penyaluran treble. Namun, kekurangan tersebut tidak ganggu kinerja secara keseluruhan.

Lagu kedua yang saya dengarkan ialah ‘Never Leave You’ milik Rumi D. Ketika lagu sudah dimulai, earphone dengan tanpa kabel besutan OPPO ini bisa menghadirkan suara sedang dengan lambaian frekuensi tinggi yang baik. Detail vokal dari kanal kiri dan kanan juga natural untuk earphone sekelasnya.

Dalam hal bass, Enco Buds2 dapat menangani volume tinggi dengan baik tanpa mengganggu distorsi. Vokal utama dan vokal latar dapat didengar dengan baik tanpa tersapu oleh suara frekuensi tinggi.

Selain memakai Enco Buds2 untuk dengarkan musik, Enco Buds2 juga sempurna untuk bermain game. Hal ini karena TWS dilengkapi dengan feature ‘game mode’. Feature ini meminimalkan jeda suara saat bermain game. Selain itu, efek suara surround yang disajikannya cukup bagus untuk membuat Anda merasa lebih mendalam. Saya bermain Enco Buds2 sambil bermain PUBG Mobile dan Beach Buggy Blitz.

Kesimpulan

Performa yang diberikan oleh Enco Buds2 terdengar bagus untuk sebuah TWS di kelasnya. Meskipun tidak dilengkapi dengan ANC, namun ujung karet silikon TWS ini dapat menghalangi kebisingan sekitar. Penyumbatan pasif ini juga dapat dioptimalkan dengan karet silikon berukuran pas dengan liang telinga.

Karena Enco Buds2 tidak menggunakan kabel apa pun, tidak hanya gratis saat mendengarkan musik, tetapi juga menyediakan pengoperasian praktis untuk mengakses pemutaran dan volume. Sensor yang diberikannya sangat responsif ketika mendeteksi gerakan mengetuk yang saya lakukan. Yang kurang praktis adalah Anda bisa menggunakan Enco Buds2 untuk mengakses shutter kamera. Ini sangat berguna jika Anda ingin memotret dari jarak jauh menggunakan ponsel Anda.

Dengan segala kelebihannya, OPPO Enco Buds2 dibanderol dengan harga Rp. 399.000 Ini jauh lebih murah dibandingkan TWS OPPO Enco Buds versi sebelumnya yang dibanderol Rp 599.000.


Berikut ulasan mengenai Review OPPO Enco Buds2 yang bisa menjadi bayangan anda sebelum membeli perangkat ini. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA