Cara Monetisasi Akun TikTok

Seiring bertambahnya jumlah pengguna TikTok, kini media sosial berbasis video pendek ini bukan hanya berperan sebagai hiburan semata. Namun, TikTok sudah berubah menjadi ladang penghasilan bagi mereka yang melek peluang.

Yups, tidak jauh berbeda dengan YouTube, IG dan platform media sosial lain yang sudah lebih dulu populer, TikTok juga menawarkan penghasilan besar bagi setiap penggunanya.

Lalu bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari TikTok? Tentunya dengan monetisasi akun TikTok.

Nah, buat kamu yang belum paham tentang monetisasi akun TikTok, yuk ikuti penjelasan di bawah ini untuk mencari tahu info selengkapnya.

Sekilas Tentang Monetisasi TikTok

Banyak diantara kalian yang mungkin belum paham dengan istilah satu ini. Monetisasi adalah sebuah usaha untuk mengubah segala sesuatu hingga bisa menghasilkan uang.

Dalam hal ini, kamu bisa memaksimalkan akun TikTok yang dimiliki hingga berpeluang menghasilkan pundi-pundi uang. Selain iming-iming penghasilan besar, monetisasi akun media sosial adalah perkara yang bisa dikatakan sangat menyenangkan, khususnya bagi gen Z.

Lantas, bagaimana cara monetisasi akun TikTok?

Cara Monetisasi Akun TikTok untuk Mendapatkan Uang

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan monetisasi akun TikTok. Tentu beberapa cara berikut bisa kamu lakukan semua demi mendapatkan penghasilan yang lebih besar.

Tapi sebagai pemula, kamu bisa memulainya dengan cara yang paling mudah. Berikut beberapa cara monetitsasi akun TikTok.

1. Sponsor

Di ranah dunia hiburan, sponsor selalu menguntungkan kedua belah pihak. Berbekal akun TikTok yang aktif dan konten-konten inspiratif serta sudah memiliki banyak viewers, kamu bisa memancing suatu perusahaan atau personal untuk melakukan sponsor.

Di sini kamu akan diuntungkan dengan barang-barang atau jasa sponsor dari suatu perusahaan maupun perorangan. Begitu juga dengan penyedia sponsor, di mana merek dagang mereka akan lebih dikenal dan tidak menutup kemungkinan marketing mereka akan sukses.

2. Donasi

Jika diamati, banyak seleb TikTok yang sering melakukan siaran langsung atau live TikTok. Selain untuk sharing, ternyata tujuan lain dari aktivitas ini adalah untuk mencari donasi.

Benar sekali, saat melangsungkan live, seleb TikTok sering mendapatkan donasi hadiah virtual dari penonton setianya. Nah, untuk bisa memberikan hadiah virtual pada idolanya, maka para fans harus top-up terlebih dahulu.

Nantinya, hadiah donasi dari viewers bisa ditukarkan dalam bentuk uang. Hanya saja, untuk bisa melakukan siaran langsung kamu harus berusia minimal 18 tahun.

3. Endorsement

Endorsement atau promosi termasuk cara yang paling banyak dilakukan seleb TikTok demi mendapatkan penghasilan.

Biaya endorsement untuk masing-masing seleb TikTok pun berbeda, tergantung dari jumlah pengikut dan viewers-nya.

Sama seperti cara monetisasi akun TikTok sebelumnya, aktivitas ini juga akan menguntungkan kedua belah pihak.

Di satu sisi kamu akan mendapatkan fee dari endorsement, dan di sisi lain brand yang kamu promosikan akan lebih populer.

4. Jualan

Punya produk atau jasa untuk dijual? Tentu kamu bisa memanfaatkan akun TikTok pribadimu sebagai media jualan.

Buat konten-konten menarik dan ciptakan engagement yang tinggi. Maka, pembeli akan datang dengan sendirinya.

Ingat, selalu update konten jualan saat jam FYP ya! Dengan begitu konten jualan kamu bisa lebih cepat naik dan mendapat banyak viewers.

Baca Juga: Cara Download Audio TikTok Tanpa Aplikasi

5. Mengarahkan Pengunjung ke Platform Lain

Cara monetisasi akun TikTok yang terakhir yaitu dengan mengarahkan pengunjung ke platform lain. Sebenarnya teknik ini menyerupai affiliate marketing.

Di mana kamu akan mendapatkan link dari pihak platform. Nah, setiap kali ada pengguna yang klik link tersebut kemudian masuk ke platform terkait dan melakukan aktivitas baik pembelian atau lainnya, maka kamu akan mendapat komisi.

Beberapa cara monetisasi akun TikTok di atas bisa kamu coba untuk mengumpulkan pundi-pundi uang dari media sosial.

Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar