Home  Cara Riset Produk di Facebook, Penting untuk Jualan Anda!

Cara Riset Produk di Facebook, Penting untuk Jualan Anda!

teknohow.com – Cara Riset Produk di FacebookRiset product ialah suatu langkah yang wajib dilaksanakan bagi seorang usahawan. Bertujuan  untuk menemukan trend merket saat ini, mulai dari product kebutuhan dan banyak digemari  sampai product yang banyak dicari di orangorang sekarang.

Tidak hanya itu, riset product bisa mengungkap kwalitas suatu product, kegunaannya, dan apa potensi produknya sekarang ini dan kedepan. Dengan demikian, seorang usahawan bisa mengirangira prospek profit dari product yang akan dijalani dan dijual.

Ada beberapa cara untuk melakukan riset product Anda sendiri. Termudah, platform digital bisa dimanfaatkan bagi usahawan untuk melakukan riset. Semisal, FB menggunakan informasi dari media sosial untuk melakukan riset product.

Cara Ketahui Produk Terlaris Facebook

Facebook ialah satu dari sekian banyak medsos terpopuler dengan user terbanyak sekarang ini. Oleh karena itu, sangat cocok sebagai wadah untuk sharing terkait bisnis yang sedang dilakoni.

Selain itu, FB saat ini melalui fitur jual belinya telah mendukung usahawan, Facebook Marketplace. Feature ini bisa dipakai oleh user Facebook untuk menyarankan dan menemukan product.

Lalu, bagaimana para usahawan melakukan riset produk di Facebook?

Riset Product di Facebook : Harus Punya Account Facebook

Pastikan kamu sudah punya Account FB. Jika demikian, Kamu bisa masuk langsung ke Account Facebook yang ada. Kemudian, Anda bisa ikuti tahapantahapan riset product sebagai berikut:

Riset Produk di Facebook : Ketahui Target Market

Target market ini ialah kategori konsumen yang akan dibidik oleh pelaku usaha untuk beli productnya. Target market ini ada hubungannya dengan jenis product yang dijual dan platform yang pas untuk tempat berjualan.

Misalnya, platform yang akan menjadi nilai jual kamu ialah FB Marketplace. Kebanyakan  pengguna FB yang kamu temukan yaitu dewasa dan sudah punya pasangan. Jadi, itu target market kamu.

Dengan begitu, kamu juga bisa mendapatkan pandangan tentang tipe/jenis product yang ingin Anda jual. Semisal, kamu bisa menjual barang elektronik konsumen, alat kendaraan, hingga barang lain yang relevan dengan target market kamu.

Pantau Tren Jual Beli di Facebook

Bahkan setelah mengidentifikasi target market kamu, deskripsi kamu tentang jenis product yang dijual mungkin terlalu luas. Oleh karena itu, Anda memerlukan gambaran yang lebih fokus tentang product tertentu yang Anda jual. Untuk mengetahuinya, Anda bisa memantau ramainya tren jual beli sekarang di FB.

Anda bisa melakukan ini dengan bergabung ke grup yang terkait dengan target market kamu. Kami juga bisa pantau keyword khusus yang sering  dipakai oleh pedagang di FB. Misalnya kata kunci: Promosi, Beli Sekarang, Diskon, Gratis Ongkos Kirim, dll.

Validasi Tren dengan Google Trends

Selesai memahami target market Anda dan melihat trend product di FB, lihat apakah Anda mempunyai beberapa pilihan untuk product yang sedang trend untuk diperdagangkan. Dengan begitu, kamu bisa melihat trend lewat Google Trends.

Google Trends memberi tahu Anda seberapa sering product Anda muncul di engine pencarian. Disini kamu bisa memilih product yang paling mungkin untuk dijual.

Cek Harga Pesaing di Facebook Marketplace

Cara Riset Produk Di Facebook

Selanjutnya, kamu bisa melihat harga product pesaing bertujuan untuk memikirkan harga  product yang cocok untuk dijual. Ini penting untuk prospek penjualan kedepannya.

Jika tahu pesaing kamu dibandrol dengan harga yang senilai, kamu harus memperkuat branding Anda agar pembeli mempunyai alasan untuk lebih memilih membeli product kamu nanti. Kamu bisa cek harga pesaing tersebut lewat Facebook Marketplace atau marketplace yang lainnya..

Cara Kerja Facebook Marketplace

Sebenarnya, market Facebook bekerja seperti market yang lain. Pelapak product hanya cukup memposting photo product ditemani dengan deskripsi ke halaman Facebook Marketplace mereka. Yang mau beli bisa tanya ke pelapak secara direct lewat FB Messenger.

Untuk mulai juala di FB Marketplace, hanya butuh click ikonMarketplacedi halaman utama lalu clickBuat Daftar Baru‘. User juga bisa memilih jenis daftar berdasarkan product yang ingin mereka jual.

Penutup

Itulah artikel yang menjelaskan tentang Cara Riset Produk di Facebook yang bisa meringankan dalam hal menganalisa peluang usaha sebuah produk. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA