Home  Perbandingan Antara Illustrator vs Coreldraw

Perbandingan Antara Illustrator vs Coreldraw

teknohow.com – Baru di dunia ilustrasi? Jika demikian, memilih antara perangkat lunak Adobe illustrator vs coreldraw dapat membingungkan. Kedua aplikasi ini populer karena mudah digunakan. Meski demikian, mereka tetap bisa menghasilkan desain berkualitas tinggi.

Nah, ketika memilih salah satunya, Anda pasti tidak bisa asal-asalan. Pertama, mari kita pelajari perbedaan antara Adobe Illustrator dan CorelDRAW!. Informasi yang dikumpulkan dari Graphic Arts Education and Research Foundation dan sumber lain di bawah ini :

Persamaan Adobe Illustrator dan CorelDRAW

Persamaan Adobe Illustrator Dan Coreldraw

Sebelum melihat perbedaannya, mari kita fokus dulu pada persamaan antara kedua software ini.

1. Fungsi dan Kegunaan

Kedua aplikasi ini sama-sama cocok untuk membuat ilustrasi. Keduanya adalah perangkat lunak menggambar vektor. Karakteristik gambar vektor adalah bahwa mereka tidak mencapai titik impas setelah beberapa kali perbesaran. Mengapa?

Saat melansir Adobe, vektor adalah gambar yang terdiri dari persamaan matematika. Seperti halnya garis pada sumbu X dan Y, persamaan tidak berubah kecuali jika Anda mengubahnya.

Untuk alasan ini, vektor tidak pecah saat diperbesar. Maka dari itu, format gambar ini cocok untuk membuat logo, font, atau ilustrasi.

2. Beberapa Fitur

Meski dibuat oleh dua perusahaan yang berbeda, fungsi dari kedua aplikasi ini sangat mirip. Dari hand tool hingga pen tool, tools yang tersedia dimiliki oleh keduanya.

Sebenarnya ada beberapa perbedaan fitur antara Adobe Illustrator dan CorelDRAW. Glints akan menjelaskan ini lebih lanjut di bawah ini.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mebambah Font Pada Corel

3. Penggunaan yang Mudah

Semua aplikasi desain ini memiliki antarmuka yang sama intuitifnya. Kilatan sudah disebutkan di atas. Anda tidak perlu mempelajarinya dengan serius sebelum mengerjakannya. Namun demikian, Anda harus mempelajari prinsip-prinsip desain.

Tambahkan pengetahuan Anda dan Anda akan tetap mendapatkan hasil desain yang apik jika Anda terjun ke dunia ini. Nah, proses belajar ini pasti bisa lebih lancar dengan ahlinya. Jadi, di mana para ahli ini dapat ditemukan?

Glints ExpertClass adalah jawabannya. Di kelas ini, Anda akan bertemu dengan para profesional dengan pengalaman bertahun-tahun. Jangan sampai ketinggalan, ikuti desainnya sekarang, selamat datang!

4. Windows dan macOS

Beberapa aplikasi desain hanya tersedia di macOS. Kedua aplikasi ini tidak termasuk di sini. Perangkat lunak CorelDRAW dan Adobe Illustrator tersedia untuk sistem operasi Windows dan macOS.

Selain itu, mereka berdua memiliki aplikasi di iPad mereka. Orang yang menyukai perangkat portabel pasti akan memanfaatkan ini.

Adobe Illustrator vs CorelDRAW

Adobe Illustrator Vs Coreldraw

Sekarang, mari kita bahas perbedaan antara Adobe Illustrator dan CorelDRAW.

1. Akses

Kedua aplikasi ini tersedia untuk Windows, macOS, dan iPad. Kilatan sudah disebutkan di atas. Meskipun demikian, CoreldRAW memiliki aplikasi online. Jika Anda ingin mengedit sedikit desain, akses online ini pasti sangat berguna. Berbicara tentang akses bukan hanya tentang sistem operasi. Dua format dokumen “mentah” juga berbeda.

Adobe Illustrator memiliki ekstensi “.ai”. Sedangkan hasil dokumen di CorelDRAW ditampilkan dalam format “.cdr”. Tentu saja Anda dapat mengubah keduanya menjadi “.jpg”, “.png”, “.pdf”, dll.

Dokumen “.ai” dapat dibuka di CorelDRAW. Aplikasi ini mungkin juga meminta Anda untuk menyimpan file dalam format yang sama. Jadi di mana masalahnya? Jelas file “.cdr” tidak dapat dibuka di Adobe Illustrator. Bahkan aplikasi besutan Adobe ini tidak dapat menyimpan dokumen dalam format tersebut.

2. Kolaborasi

Apakah Anda sering mendesain file dengan sesama desainer? Jika demikian, CorelDRAW adalah aplikasi yang tepat untuk Anda. Software desain ini memiliki fitur kolaborasi. Anda dapat meninggalkan komentar dan memo tanpa aplikasi terpisah.

3. Fitur-fitur tambahan

Karena sama-sama dibuat oleh Adobe, Adobe Illustrator terintegrasi dengan Adobe Stock dan Typekit. Dengan Typekit, Anda tidak perlu lagi bingung mencari font untuk digunakan dalam desain Anda. Ada banyak font untuk dipilih secara bebas.

Integrasi dengan Adobe Stock juga menguntungkan. Ada banyak contoh ilustrasi yang tersedia di situs stok foto ini. Inilah perbedaan selanjutnya antara Adobe Illustrator dan CorelDRAW. CorelDRAW tidak memiliki integrasi ini. Meski demikian, software besutan Corel ini memiliki fitur bernama PowerTRACEâ„¢.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengkonversi gambar bitmap ke format vektor. Kualitas akhir dari transformasi juga tidak perlu dipertanyakan lagi.

4. Harga

Kedua aplikasi ini memiliki langganan alternatif atau paket pembelian. Namun demikian, ada perbedaan harga antara Adobe Illustrator dan CorelDRAW.

Melansir situs web resmi, Anda dapat memilih paket berlangganan Adobe Illustrator.

  • Adobe Illustrator 239.88 dolar AS/tahun
  • Adobe Illustrator dan aplikasi Creative Cloud lainnya, 599.88 dolar AS/bulan

Sementara itu, mengutip website resmi CorelDRAW, opsi pembelian untuk aplikasi ini adalah :

  • 399 dolar AS per tahun
  • 785 dolar AS, pembelian sekali seumur hidup

Jadi kami membandingkan perangkat lunak Adobe Illustrator vs Coreldraw. Jadi, aplikasi mana yang akan Anda pilih?

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA