Home  Konsep Internet of Things, Pengertian dan Dampak Dikehidupan

Konsep Internet of Things, Pengertian dan Dampak Dikehidupan

teknohow.comKonsep Internet of Things – Internet of Things (IoT) menjadi hal yang bayak dibahas dimana-mana. IoT tidak hanya membatu pekerjaan manusia sehari-hari saja, namun juga sudah menjadi gaya hidup. Trus apa sih IoT itu? Apa pengaruhnya? sebenarnya lumayan rumit, tapi yuk coba kita pahami bersama.

Kemajuan teknologi yang sangat cepat, misalnya meningkatnya penyedia internet broadband, harga koneksi internet yang sudah murah, technologi WiFi, serta peningkatan ponsel pintar dan alat-alat yang sudah ada snesornya, telah mendukung kemajuan IoT.

Apa yang dimaksud dengan Internet of Things?

Konsep Internet Of Things

Internet of Things (IoT) merupakan konsep komputasi yang menggambarkan gimana objek fisik yang kita gunakan setiap harinya dapat terhubung dan saling mengenali satu sama lain lewat Internet. Gimana sih objek-objek ini melakukan komunikasi? Objek ini memakai RFID, technologi nirkabel, atau kode QR sebagai alat komunikasi.

IoT dapat mempunyai dampak yang signifikan di lingkungan IoT karena objek dapat secara digital mewakili diri mereka sendiri untuk dihubungkan ke pengguna, objek lain, dan kumpulan data. Ketika satu set objek beroperasi pada satu perangkat, mereka dapat memberikan lebih banyak manfaat karena kaya informasi atau kadang-kadang disebut sebagai “kecerdasan ambien”.

Koneksi ke objek ini juga memungkinkan remote control objek. Misalnya, kamu dapat menyalakan AC Connected Home saat kamu keluar untuk mendinginkan ruangan saat kamu kembali ke rumah.

Gartner memperkirakan bahwa akan ada 26 miliar perangkat yang terhubung pada tahun 2020. Jumlahnya sangat besar. Beberapa bahkan memprediksi jumlah koneksi perangkat dapat mencapai 100 miliar atau lebih.

Baca Juga : Teknologi Terbaik Abad 21

Bagaimana dampak IOT?

Kedepannya akan ada aturan baru: “Apa saja yang dapat disambung akan disambungkan”. Dalam kondisi apa manfaat konektivitas multi-perangkat akan dirasakan? Misalnya, kamu menghadiri pertemuan/rapat. Mobil mampu mengetahui akses jalan tercepat menunjukannya kepada kamu.

Ketika jalanan macet makan mobil akan mengirimkan pesan kepada rekan kamu yang juga mengikuti rapat bahwa akan datang terlambat. Contoh lain ialah : Saat alarm membangunkan kamu pada pukul 6 pagi, dengan otomatis akan mengirimkan pengingat ke pembuat coffee untuk langsung membuat coffee.

Coba bayangkan jika kehabisan perlengkapan office dan dengan sendirinya melakukan pemesanan perlengkapan tambahan. Gimana jika alat ponsel kamu bisa memberikan information sehingga kamu bisa bekerja dengan aktif dan efisien serta berbagi information yang berguna dengan perangkat lainnya yang kamu pakai di tempat kerja?

Dalam jumlah yang makin banyak, IoT bisa diterapkan pada sistem transportasi. Konsep “kota pintar” akan menolong warga meminimalisir sampah serta meningkatkan efisiensi energi.

Apa yang perlu dilakukan sekarang?

Beberapa tahun belakangan, terdapat aktivitas diskusi yang berkembang tentang IoT di semua penjuru dunia. Kami tidak hanya berusaha untuk memahami gimana hal itu memengaruhi kehidupan kami, tetapi juga peluang serta tantangan apa yang ada karena semakin banyak perangkat yang terhubung ke IoT.

Pendekatan terbaik yang dapat kita ambil ialah menyerap sebanyak mungkin information tentang konsep dan teknologi Internet of Things (IoT) sehingga kita bisa paham peranannya dengan manfaat dan dampak yang kita rasakan terhadap kehidupan sehari-hari dan pekerjaan tentunya.


Itulah pembahasan singkat tentang Pengertian dan Konsep Internet of Things yang dapat menambah wawasan kamu mengenai kemajuan teknologi saat ini. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih…

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA