Home  Cara Tepat Mengatasi Laptop Nge Freeze dan Nge Hang

Cara Tepat Mengatasi Laptop Nge Freeze dan Nge Hang

teknohow.comLaptop Nge Freeze – Freeze atau busa dibilang macet ialah saat computer/laptop kamu ‘not respond’, yakni tidak memberi respon. Umumnya cuma cursor atau petunjuk mouse yang berperan. Kamu bisa mengalihkan petunjuk, tapi kamu tidak bisa mengeklik icon untuk mengawali perintah. Sudah pasti ini akan mengusik tugas kamu.

Bila kamu alami salah satunya dari permasalahan ini, tidak boleh cemas. teknohow mempunyai langkah yang bagus untuk menangani permasalahan freeze di computer atau laptop kamu.

Langkah ini dapat dilaksanakan di sebagian besar versus mekanisme operasi dimulai dari Windows XP, Vista, Windows 7, Windows 8/8.1 dan Windows 10.

Cara Menangani Laptop Nge-freeze

Laptop Nge Freeze

Berikut 6 langkah efisien menangani computer/laptop nge-freeze :

1. Laptop Nge Freeze : Sabar untuk menunggu

Perhatikan sekaligus sabar dan tunggu hingga computer atau laptop kamu freeze. Permasalahan hang bisa muncul karena banyak program yang makan kebanyakan ruangan RAM dan sumber daya CPU, membuat semua mekanisme tidak responsive.

Bersabar dan menanti beberapa sampai (5-10 menit) ialah jalan keluar terbaik pada kondisi ini. Mekanisme akan memberi respon kembali saat proses yang berkaitan dengan penuntasan pekerjaan support usai.

Umumnya di Windows 10 diperbarui secara automatis saat macet. Banyak orang mengeklik dan memencet tombol random saat stop. Tindakan yang salah cuma akan menambahkan beban pada computer/laptop kamu dan kondiis jadi memperburuk.

Kesabaran ialah kunci untuk hadapi kemacetan laptop kamu. Tidak boleh pencet tombol apa saja. Nantikan beberapa saat dan computer/laptop kamu kemungkinan akan berperan kembali dengan normal.

Baca Juga : Tips melihat password/sandi wifi di laptop atau pc

2. Laptop Nge Freeze : Masuk ke Task Manager

Pencet Ctrl+Shift+Esc secara bersamaan. Jalan singkat jika ingin ke task manager. Bila kamu beruntung, task manager akan terbuka. Saksikan dan cari program yang terbanyak memakai sumber daya CPU dan ruangan RAM. Stop program dengan mengeklik kanan dan pilih ‘End Process’ atau ‘End Task’.

3. Kode : Pencet Ctrl+Alt+Del

Bila task manager tidak terbuka, pencet Ctrl+Alt+Del secara bersamaan untuk sebagai pintasan di keyboard. Ini akan munculkan monitor CAD di mana pemakai bisa keluar (logout) atau terhubung ke task manager. Pilihan daya seperti Re-start, Shutdown, Hibernate, dan Sleep yang ada di monitor CAD.

4. Kode : Pencet simbol Windows+Ctrl+Shift+B.

Bila sistem Ctrl+Alt+Del gagal, pakai tombol simbol Windows+Ctrl+Shift+B secara bersamaan. Tombol yang mengawali ulangi kartu grafis hingga Windows beri kesegaran monitor. Kamu akan dengar bunyi bip singkat dan monitor computer berkedip-kedip sesaat atau jadi gelap. Seharusnya ini bisa menuntaskan permasalahan hang di laptop kamu.

5. Terkhusus laptop : coba tutup dan buka

Kamu bisa tutup dan kembali membuka laptop kamu saat macet. Ini kadang menolong dan bisa menangani permasalahan ngefreeze di sebagian besar versi Windows.

6. Lakukan Pemaksaan

Bila tidak ada langkah di atas yang sukses, cobalah langkah paling akhir. Untuk laptop, pencet dan tahan tombol daya selama beberapa menit. Ini cara untuk mematikan laptop kamu. Bila itu ialah computer, matikan computer dengan mengambil kabel daya. Matikan computer/laptop kamu seutuhnya lalu nyalakan kembali.

Bila tidak ada satupun dari cara diatas itu sukses, bawalah computer/laptop kamu ke pusat service terbaik paling dekat.


Itulah beberapa cara ketika mengalami permasalahan Laptop Nge Freeze atau macet. Semoga kamu yang mengalaminya bisa ditangani dengan cara diatas. Semoga bermanfaat dan terima kasih!

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA