[rank_math_breadcrumb]

Mengatasi Laptop Lelet

teknohow.comMengatasi Laptop Lelet – Performa laptop yang mulai lelet dan melambat cukup menghambat penggunaan laptop, terutama untuk keperluan penting. Apalagi di masa pandemi COVID-19 saat ini. Hampir semua kegiatan belajar dan bekerja membutuhkan penggunaan laptop.

Jika laptop Anda mulai lelet dan lambat, jangan gegabah untuk segera menggantinya dengan yang baru. Karena masih ada beberapa cara mengatasi laptop lelet yang bisa membantu anda.

Penyebab Laptop Lelet

Sebelum membahas cara mengatasi laptop lelet, ada baiknya dengan membahas penyebab laptop jadi lelet. Salah satu penyebab laptop lelet yang disebutkan di bawah ini bisa saja Anda temukan pada laptop Anda :

  1. Performa laptop terlalu berat dengan banyak aplikasi yang berjalan dan aktif saat laptop dihidupkan.
  2. Kapasitas hard disk terlalu penuh dan kinerja laptop menjadi berat.
  3. Hard disk lama yang sudah usang mempengaruhi kinerja laptop Anda dan membuat lelet.
  4. Terlalu banyak file sementara yang menghabiskan ruang hard disk dan memperlambat laptop Anda.
  5. Memiliki beberapa program berat yang tidak didukung oleh prosesor laptop, sehingga membuatnya sangat lambat.
  6. RAM laptop terlalu kecil.
  7. Laptop lama.
  8. Mendapat serangan virus.

Itu adalah beberapa kemungkinan penyebab kinerja laptop yang buruk. Mengetahui penyebab pasti kenapa laptop anda lelet sangat membantu dalam penanganan laptop anda dengan baik.

Cara Mengatasi Laptop Lelet

Melebihi batas maksimum dapat menyebabkan laptop Anda nge-lag atau macet. Perhatikan cara-cara yang dibahas di bawah ini untuk mengembalikan performa laptop yang sudah lelet.

1. Gunakan Antivirus

Alasan paling umum laptop lambat adalah karena telah diserang oleh virus atau malware. Untuk mencegah menurunnya kinerja laptop Anda, instal antivirus terbaik untuk menghindari segala jenis serangan virus.

Selalu periksa secara berkala dan perbarui antivirus Anda. Hal ini untuk memastikan bahwa antivirus Anda tetap dapat membaca berbagai jenis virus yang mencoba menyerang laptop Anda.

2. Gunakan Aplikasi Sesuai Spesifikasi Laptop

Saat mau membeli laptop, pastikan Anda sudah mengetahui persis spesifikasi laptop yang akan Anda beli tersebut. Dengan begitu Anda bisa menyesuaikannya dengan penggunaan sehari-hari. Ada laptop yang didesain khusus untuk mendukung game dengan RAM besar, atau laptop yang dibutuhkan untuk editor video dan desain grafis.

Ada juga laptop yang bisa dibeli dengan harga lebih murah, namun khusus dibuat untuk digunakan pada aplikasi yang tidak berat, seperti yang digunakan oleh siswa sekolah dasar.

Untuk mencegah penurunan kinerja laptop, gunakan aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi laptop. Pilih aplikasi dengan spesifikasi lebih rendah untuk menghindari laptop jadi lelet.

3. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Menginstal terlalu banyak aplikasi dapat memperlambat dan memberatkan kinerja laptop Anda. Hapus aplikasi yang tidak Anda perlukan untuk menghindari laptop Anda lelet. Kapasitas penuh drive C membutuhkan waktu lebih lama karena sistem laptop membaca hard disk.

Gunakan aplikasi sesuai kebutuhan Anda. Sayang sekali jika memori laptop Anda penuh karena aplikasi yang tidak terpakai. Ini adalah cara mengatasi laptop lelet tanpa menggunakan teknik atau software khusus. Ini dapat memperbaiki masalah dan mengembalikan kinerja laptop Anda.

4. Bersihkan Desktop dan Aplikasi Saat Startup

Menyimpan banyak aplikasi di desktop Anda dapat memperlambat laptop Anda. Jika spesifikasi laptop Anda mendukung, seharusnya tidak ada masalah. Namun, terkadang menyimpan terlalu banyak aplikasi di desktop dapat menyebabkan laptop membutuhkan waktu lama untuk merespon perintah pengguna.

Juga, pastikan untuk tidak menjalankan terlalu banyak aplikasi saat laptop dinyalakan. Anda dapat mematikan aplikasi tertentu dengan membuka Task Manager dan memilih Startup.

Kemudian, ketika Anda menyalakan laptop, periksa aplikasi mana yang berjalan di laptop. Jangan terlalu banyak menjalankan aplikasi. Ini karena aplikasi ini berjalan di latar belakang dan secara diam-diam memakan RAM.

5. Tambahkan RAM

Jika Anda membeli laptop dengan RAM lebih kecil, seperti 4GB, Anda dapat meningkatkannya menjadi 8GB RAM atau 16GB RAM. Ini akan membuat kinerja laptop Anda lebih cepat dan tidak lelet dengan mudah. Saat menambahkan RAM, perhatikan spesifikasi RAM (RAM DDR3, RAM DDR3L, atau RAM DDR4). Jangan lupa untuk memeriksa jumlah maksimum RAM yang dapat Anda gunakan untuk laptop Anda.

6. Ubah memori HDD ke SSD

Laptop lelet bisa disebabkan karena penggunaan hard disk HDD dengan kecepatan data yang lebih lambat dibandingkan penyimpanan SSD. Jadi mengubah penyimpanan HDD ke SSD akan membuat proses booting menjadi lebih cepat. SSD lebih mahal, tetapi metode ini berfungsi untuk membuat laptop tidak terlalu lelet dan lebih responsif.

7. Gunakan Cooling Pad

Suhu laptop yang tinggi dapat memperlambat kinerja laptop. Anda dapat menggunakan perangkat cooling pad sebagai kipas tambahan agar laptop Anda tidak terlalu panas.

Anda juga bisa menggunakan vacuum cooler yang dapat menyedot udara panas di dalam laptop Anda. Keduanya sangat berguna untuk menjaga suhu laptop saat anda gunakan.

8. Bersihkan Drive C

Laptop biasanya kehilangan performa setelah 3 tahun atau lebih. Salah satu solusi yang bisa kamu lakukan saat laptop kamu lelet adalah dengan rutin membersihkan drive C.

Anda bisa melihat dan memilih aplikasi mana yang membebani laptop Anda atau mana yang sudah tidak Anda gunakan lagi. Uninstall untuk meningkatkan kinerja laptop Anda.

Baca Juga : 8 Cara Mengatasi Laptop Tidak Ada Suara di Windows 10

9. Reset Windows

Saat laptop Anda berat dan lelet, reset windows bisa menjadi solusinya. Apalagi jika laptop yang Anda gunakan adalah laptop yang sudah jadul. Laptop lama mempengaruhi kinerja sistem operasi, terutama di Windows. Akibatnya, Windows sering crash dan memperlambat laptop Anda. Sebelum melakukan reset Windows, pastikan Anda telah membackup semua data dan file yang ada di laptop Anda.

10. Disk Defragment Tools

Selain itu cara mengatasi laptop lelet bisa diakali dengan menggunakan Disk Defragment Tools di Control Panel. Setelah melakukan langkah-langkah analisis dan optimasi, file dan data pada laptop disusun sedemikian rupa. Anda dapat melihat berapa banyak file sampah yang tersimpan di laptop Anda yang memperlambat kinerja laptop Anda.

11. Menggunakan Thermal Paste pada Prosesor

Suhu laptop yang panas bisa menjadi salah satu penyebab laptop lelet. Saat menggunakan laptop, Anda dapat menggunakan thermal paste untuk menjaga suhu laptop lebih baik. Thermal Paste menurunkan suhu prosesor laptop, mencegah penurunan performa laptop.

12. Hapus File di Folder Temporary Secara Teratur

File-file yang ada di folder temp adalah hasil extract aplikasi seperti design editing. Pengguna laptop biasanya lupa bahwa file-file ini secara otomatis tersimpan di laptop mereka. Jika tidak dibersihkan secara rutin dan teratur, file-file tersebut akan menumpuk dan mengurangi memori laptop Anda.

Ini berisiko memperlambat laptop Anda. Untuk itu, Anda bisa menghapus file untuk memperbaiki laptop yang lelet dengan cara berikut ini :

  • Tekan tombol Windows + R di keyboard.
  • Ketik %temp% di tempat yang disediakan, lalu tekan Enter.
  • Kemudian gunakan tombol CTRL + A untuk memblokir semua file.
  • Kemudian klik Shift + Delete untuk menghapus semua file di folder sementara.

13. Pembersihan File Secara Teratur di Folder Prefetch

Selain file-file yang ada di folder temporary, ada baiknya untuk secara berkala menghapus file-file yang ada di folder prefetch untuk mengatasi laptop lelet Anda. File yang terletak di sini dapat dihapus dengan aman dan akan meningkatkan kecepatan boot dan kapasitas hard disk.

Langkah-langkah untuk menghapus folder prefetch :

  • Tekan tombol Windows + R pada keyboard.
  • Ketik prefetch lalu tekan Enter.
  • Lalu, jika Anda memiliki hak administrator, klik OK.
  • Kemudian hapus semua file dalam folder tersebut.

14. Hentikan Visual Effect Yang Berlebihan

Cara lain untuk mengatasi laptop lelet adalah dengan mematikan visual effect yang tidak diperlukan pada laptop Anda. Bagaimana cara mematikannya? Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka menu windows explorer.
  • Ketik “This PC”, lalu klik kanan.
  • Pilih menu Properties.
  • Di bagian performance, pilih Advanced system settings
  • Kemudian pilih setting.
  • Kemudian ubah opsi menjadi Custom dan gunakan visual effect yang tidak membebani laptop Anda.

Itulah beberapa cara mengatasi laptop lelet yang bisa Anda lakukan sendiri. Untuk menjaga performa laptop Anda dalam waktu yang lama dan tidak mudah rusak, Anda perlu merawat laptop secara rutin. Jika semua hal di atas sudah Anda lakukan dan laptop Anda masih terlalu berat, Anda bisa langsung menghubungi dan berkonsultasi service laptop.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA