Home  Tidak Sama, Inilah Perbedaan Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)

Tidak Sama, Inilah Perbedaan Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)

teknohow.comPerbedaan VR dan AR – Tehnologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) jadi terkenal belakangan ini. Apa lagi karena sering dipakai untuk content games. Banyak pengembang program memakai semangat ini untuk membikin content VR dan AR dengan jumlah besar. Tetapi, beberapa orang memandang ke-2 nya ialah hal yang tidak berbeda alias sama saja.

Tetapi, salah bila memandang VR dan AR sebagai tehnologi yang serupa. Pada biasanya, ke-2 tehnologi ini mempunyai tujuan untuk menggairahkan pemahaman serta indera pemakai . Maka, apa perbedaan di antara VR dan AR? Simak penjelasan seterusnya agar dapat mempelajari selanjutnya mengenai ketidaksamaan di antara VR dan AR.

Pengertian VR dan AR

Perbedaan Vr Dan Ar

Yang pertama, Anda perlu ketahui ketidaksamaan di antara VR dan AR dalam soal pengertian. VR bisa disebut dengan tehnologi mengeksploitasi indera pendengaran, visual dan taktil. Alami dunia virtual lewat VR yang disokong oleh kenaikan. Piranti khusus seperti earphone dan sarung tangan treadmill dibutuhkan untuk nikmati VR.

Di lain sisi, AR bisa diartikan sebagai tehnologi yang menambah komponen digital ke dunia real. Secara umumnya, Anda dapat nikmati AR di ruangan fisik lewat handphone pintar Anda. Simpelnya, ketidaksamaan di antara pahami VR dan AR adalah jika VR bisa bawa pemakai ke dunia virtual. AR, di lain sisi, cuma mengganti penampilan realitaa dunia lewat handphone ataupun gadget yang serupa.

Piranti VR dan AR

Perbedaan Vr Dan Ar

 

Ketidaksamaan lain di antara VR dan AR yaitu dalam soal piranti. Dalam VR, earphone adlaah piranti khusus yang Anda perlukan. Dengan menyatukan earphone VR dengan konsol games, Anda bisa rasakan hubungan jagat maya yang lebih hebat. Secara umum earphone harus dihubungkan ke netbook, PC atau piranti semacam dengan detail dengan minimal yang ditentukan.

Misalkan, Samsung Gear VR adalah piranti VR yang dapat disambungkan ke handphone. Saya bisa menyambungkannya ke Galaxy Catatan 8 saya. Samsung Gear VR yang dilengkapi oleh Oculus ini datang dengan pengatur. Kontroler ini dapat dipakai sebagai alat navigasi VR atau gamepad. Anda bisa nikmati beragam content VR dengan 1 tangan. Beragam content seperti rintangan olahraga VR, cat VR, dan lain-lain dipersiapkan. Anda dapat mainkan games Batman Arkham VR memakai piranti yang lainnya disokong seperti Oculus Rift, PS VR, dan HTC Vive.

Baca Juga : Macam-Macam Teknologi yang Trend Pada Abad 21

Disamping itu, ketidaksamaan di antara VR dan AR terang dikarenakan Anda tidak usah mempersiapkan alat dikhususkan untuk nikmati tehnologi AR. Pakai handphone ataupun tablet yang cuma memberikan dukungan program AR. Maka dengan demikian kamu dapat nikmati kesan jagat maya yang telah ada di dunia riil. Lumayan gampang, kan? Pokemon GO, misalkan, ialah pengembangan AR yang paling dicintai. Game ini mendatangkan watak animasi ke dunia riil dengan kontribusi camera handphone. Tehnologi AR membuat terlihat seakan-akan Pokemon betul-betul berada di sekitaran Anda. Bahkan juga, Anda cuma dapat menyaksikan animasi di layar handphone Anda.

Lepas dari ketidaksamaan mereka, VR dan AR tidak saling menjatuhkan. Tetapi, ke-2 nya saling lengkapi untuk merealisasikan bermacam keperluan pemakai di dunia digital. Satu diantaranya contoh penyatuan ke-2 tehnologi ini ialah kerjasama di antara Microsoft Hololens dan earphone HTC Vive VR. Penggabungan piranti ini diharap bisa tingkatkan rasa jagat maya dan membuat lebih realitas.

Tingkat Kedalaman Bermain

VR dan AR berlainan dalam soal kedalaman permainan. Ketika memakai VR, tehnologi ini seakan menggunting realita dunia serta bawa pemakai ke jagat maya. Anda dapat semakin konsentrasi bermain games atau melihat content film di VR. Anda kemungkinan lebih dari suka dengan pengembangan ini, baik secara visual atau suara. Tehnik ini telah terprogram dan condong tidak responsive.

Untuk AR, tehnologi ini masih dengan mengikutsertakan lingkungan fisik. AR kelihatannya menambah content virtual menuju dunia nyata. Animasi yang berwujud gambar dari handphone Anda kemungkinan ada di dunia nyata. Tetapi, Anda cuma dapat menyaksikannya di handphone Anda. Augmented reality mempunyai potensi lebih responsive pada direalita dunia asli karna langsung terjadi. Berikut ketidaksamaan kedalaman pemain di antara VR dan AR.


Berikut adalah dua Perbedaan VR dan AR. Piranti yang baik pasti memberikan Anda hasil yang baik pula. Semoga bisa menambah wawasan anda soal teknologi terkini yang begitu cepat berkembang. Sampai Jumpa!

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA