Home  Review Logitech Brio 4K, Webcam Kelas Tinggi Harga Bersahabat

Review Logitech Brio 4K, Webcam Kelas Tinggi Harga Bersahabat

teknohow.comReview Logitech Brio 4K – Ketika pandemi pertama kali muncul pada tahun 2020 awal, banyak sekali orang yang terpaksa merubah sistem kerjanya menjadi kerja online. Kehadiran aksesori seperti webcam sangat dibutuhkan untuk computer dan PC lama, misalnya. Salah satu pilihan yang premium (tua) ialah Logitech Brio 4K.

Meskipun masih terbilang baru di benua Asia, webcam premium Logitech ini sebetulnya sudah ada sejak tahun 2017. Ya, ketika banyak vendor computer ditahun itu masih menganggap remeh keperluan akan webcam berkwalitas tinggi, Logitech datang dengan solusi yang sedikit dilebih-lebihkan. Coba bayangkan, memiliki sensor 4K, sensor inframerah untuk mikrofon omni-directional.

Meskipun Logitech juga menawarkan pilihan webcam yang lebih kekinian atau modern, tidak heran jika Logitech Brio 4K masih cocok sekali untuk dimiliki sampai sekarang ini. Dibanderol dengan harga yang lumayan mahal, webcam dengan kelas bisnis ini memang mempunyai potensi yang banyak jika vendornya terus berupaya selalu berikan update demi kemajuan perangkat. Berikut penjelasannya.

Review Logitech Brio 4K

Review Logitech Brio 4k

Desain Logitech Brio 4K

Saat pertama saya buka kota lalu melihat isi yang ada didalamnya, kesan pertama aku ialah bahwa Logitech Brio 4K merupakan webcam dengan desain paling mewah yang selama ini pernah aku lihat. Bodinya sangat kokoh, desain modern dengan dimensi yang relatif padat (namun lebar), dan bagian depannya tampak mempunyai finishing piano black, juga dikenal sebagai hitam glossy.

Terlihat berkelas dan mempunyai aksen membulat di sekitar sensor camera utamanya, tapi tidak terlalu ngejreng karena permukaannya secara keseluruhan berwarna hitam. Paket penjualan termasuk klip terpasang, penutup sensor camera, kabel USB-C ke USB-A yang panjang (sekitar 2m), dan tas travel untuk melakukan penyimpanan segala sesuatu saat Anda ingin membawanya. Itu sempurna.

Memasang Logitech Brio 4K ke monitor, termasuk laptop, sangat gampang dan tergolong adjustable. Artinya, Anda dapat dengan mudah mengatur sudut kemiringan (termasuk melipat saat ingin menyimpannya). Monitor dengan bezel yang sangat tipis baik-baik saja. Ingin memasangnya ke tripod? Anda juga dapat melepas klip terintegrasi untuk “menandai” dudukan agar sesuai dengan tripod camera standart.

Baca Juga : Spesifikasi Komplit Asus ROG Strix GT15

Sama seperti mencoba merusak body Logitech Brio 4K, proses pelepasannya memerlukan tekanan fisik yang tinggi. Bagian depan glossy, sehingga mudah tertinggalnya sidik jari. Namun, sensor camera hampir tidak tersentuh saat digunakan. Jadi masih terlihat bersih.

Fitur Logitech Brio 4K

bagus. Logitech Brio 4K mempunyai sensor camera yang bagus sekali. Yang patut dipertanyakan adalah, apa yang dapat diberikan atau ditangani oleh kelebihan dari fitur sensor tersebut? Ya, webcam ini plug-and-play, cukup tancapkan ke PC kamu dan siap untuk dipergunakan. Namun, kamu harus mendownload aplikasi tambahan terlebih dahulu untuk menyesuaikan tampilan gambar, dan lain-lain.

Mengingat pengalaman mendownload aplikasi untuk Mi Smart Band 7, Logitech telah mempersiapkan satu atau lebih aplikasi untuk mengakses feature Logitech Brio 4K. Yang aku dapatkan ialah Logitech G Hub, tapi ada juga pilihan lain seperti Logi Tune dan Logitech Capture. Beberapa aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan proses pembaruan firmware dan tugas yang lainnya.

Yang dapat aku temukan cuman settingan manual seperti kecerahan, kontras, dan lain sebagainya, tetapi pada akhirnya aku mengaturnya secara otomatis. Yang menarik lagi adalah pengguna bisa merubah sudut pandang Logitech Brio 4K sampai 3 opsi. Pilihan terluas pada 65 °, 78 ° atau 90 °. Jadi kamu bisa pilih apakah kamu ingin fokus pada wajah kamu atau menampilkan latar belakang yang lebih luas.

Anda juga memiliki pilihan untuk melakukan settingan eksposur otomatis ke setting fokus manual (juga dikenal sebagai autofokus mati). Kamera Logitech Brio 4K juga tersedia sebagai pilihan buka kunci screen otomatis lewat Windows Hello. Pasalnya, selain camera, diperlukan juga sensor yang lain, termasuk sensor infra merah. Jadi tidak mengherankan jika desainnya sedikit lebar.

Kamera Logitech Brio 4K

Sudah tentu, bagian ini wajib sempurna, karena ada biaya mahal yang harus dibayarkan konsumen ketika membeli Logitech Brio 4K. Seperti nama yang dicantumkan, webcam ini dapat merekam atau streaming video dalam resolusi sampai 4K 30fps. Apakah ada opsi yang lain? Tentu saja 1080p 30/60fps dan 720p 30/60/90fps. Saya dapat mengatakan bahwa itu sangat fleksibel dan kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Logitech Brio 4K juga mendukung fokus otomatis. Fitur ini kadang-kadang berdampak dan agak sulit untuk mendeteksi wajah aku, apalagi dalam keadaan ruangan yang agak gelap. Namun sisanya benar-benar efektif dalam mengutamakan wajah untuk fokus pada objek yang lainnya. Yang membuat aku terkesan ialah kwalitas HDR dan tingkat eksposur camera yang mencerahkan wajah ke tingkat yang pas.

Ketika dipakai dengan punggung menghadap sumber cahaya, wajah Anda masih terlihat jelas dan bersih. Namun jelas, bagian belakang jadi terlihat berlebihan dan itu tidak akan menjadi masalah. Perangkat ini mempunyai tugas yang hanya berfokus pada wajah. Blur alias background background.

Ketika digunakan dalam kondisi gelap dengan sedikit cahaya, camera akan menaikkan ISO untuk menjaga wajah tetap cerah dan jelas, namun noise tinggi. Pendekatan ini akhirnya dipilih oleh Logitech Brio 4K alih-alih memusnahkan noise yang membuat wajah sangat mulus.

Apa yang aku harapkan tersedia di Logitech Brio 4K ialah feature pembingkaian otomatis. Karena sensornya begitu lebar, akan lebih tepat untuk memiliki sesuatu seperti Center Stage, yang dimiliki oleh camera perangkat Apple yang teranyar. Mungkin karena ini adalah keluaran produk yang sudah ketinggalan zaman, tetapi semoga pembaruan perangkat lunak akan memberikan hal seperti ini.

Mikrofon

Selain sensor camera, Logitech Brio 4K juga mendukung dua mikrofon omni-directional dengan pengurangan noise. Lembar fakta product menyatakan bahwa mikrofon ini bisa memberikan kinerja audio yang sesuai dengan keperluan kelas bisnis. faktanya? Mungkin dalam beberapa tahun terakhir.

Kwalitas oke. Suaranya cukup bersih dengan noise yang terkontrol. Tetapi, itu masih agak kurang dibandingkan dengan mikrofon yang ditemukan di laptop modern saat ini. Kecuali Anda memakai PC serta menginginkan aksesori webcam dengan mikrofon praktis di 1 perangkat, Logitech Brio 4K mungkin lebih cocok.

Baca Juga : Tips Menaikkan FPS Laptop Agar Lebih Halus

Kesimpulan

Tentu saja, dengan fitur yang ditawarkan Logitech Brio 4K, ini adalah aksesori premium yang memenuhi standar bisnis. Kamera sebenarnya dapat menghasilkan foto dan video berkualitas tinggi, terutama dengan efek HDR dan kecerahan wajah yang akurat (alias on-point). Mudah digunakan, tidak diperlukan aplikasi (kecuali jika Anda ingin mengubah sudut kamera).

Namun, Logitech juga menawarkan solusi webcam baru yang tidak terlalu menarik. Seri Brio 500, misalnya, memiliki penutup kamera fisik yang tampak tersembunyi dan mendukung pembingkaian otomatis dengan RingSight baru. Ya, terbatas pada 1080p, tetapi tidak semua orang membutuhkan sensor 4K untuk panggilan video.

Sekali lagi, sesuai dengan kebutuhan masing-masing gizmo sobat. Jika Anda benar-benar membutuhkan aksesori webcam dengan desain premium dan memiliki sensor kamera terbaik (salah satu yang terbaik) di pasaran saat ini, Logitech Brio 4K tetap bisa menjadi pilihan terbaik Anda.


Berikut Review Logitech Brio 4K dengan penjelasan yang mendetail dari setiap lini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA