Home  10 Tips Foto Produk dengan Hp untuk Bisnis Online Kamu!

10 Tips Foto Produk dengan Hp untuk Bisnis Online Kamu!

teknohow.comTips Foto Produk dengan Hp – Tahukah Anda jika 90% konsumen menjelaskan jika photo product sangat menentukan apakah pembeli jadi membeli atau tidak? Jika belum, saat ini sudah tau kan?

Menyaksikan data itu, pemilik usaha online perlu mempercantik photo product yang ingin dijualnya. Bila Anda belum paham triknya, jangan cemas! teknohow sudah mengumpulkan 10 cara untuk mengambil photo produk untuk Anda jual lewat cara online.

Tetapi sebelumnya, Anda perlu ketahui lebih dulu apa tujuan dari gambar produk di bawah ini.

Apa Itu Photografi Produk?

Tips Foto Produk dengan Hp

Photografi produk ialah tipe pembikinan photografi yang ditujukan untuk memfoto produk yang hendak dipakai untuk bermaksud komersil. Photografi produk tersebut ialah untuk membikin produk Anda menarik dan membuat konsumen ingin membeli produk yang ditampilkan.

Umumnya dalam photografi produk, produk ditaruh di lokasi tertentu untuk dipotret, misalkan photo produk minuman dan makanan. Tetapi, pengambilan foto produk dapat menggunakan model, seperti photo produk baju.

Ada beberapa tehnik yang lain untuk photografi, seperti eksposur panjang, blur, makro, siluet, dan lain sebagainya. Pemakaian tehnik ini bergantung dari ide gambar produk yang hendak dipraktikkan. Tetapi, dikarenakan mayoritas photo product diambil di studio, jadi ketrampilan memfoto atau skill bagus dan sulit sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Tipe-Jenis Foto Produk dengan Hp

Individu shot

Tips Foto Produk Dengan Hp

Tipe photo ini memperlihatkan satu product. Umumnya type ini dipakai untuk daftar product atau gambar spanduk untuk menampilkan produk secara jelas.

Grup shot

Tips Foto Produk Dengan Hp

Mengambil gambar beberapa product pada sebuah frame. Umumnya, type ini mempunyai tujuan agar menampilkan ketersediaan varian product atau paket product. Misalkan botol minuman dengan macam-macam ukuran, varian rasa food yang bermacam-macam, atau paket kosmetik.

Baca Juga : Cara Mengatasi Hp Vivo Y53 Bootloop

Lifestyle shot

Product yang diphoto sebagai lifestyle shoot mempunyai tujuan untuk memperlihatkan pemakaian product di kehidupan setiap hari. Ini untuk memungkinkan calon konsumen memikirkan fungsi dari product yang dipasarkan. Misalkan, memakai jasa model untuk memperlihatkan product seragam kantor.

Scale shot

Photo product umumnya dibikin supaya kelihatan kabur atau awut-awutan dalam ukuran sebetulnya. Nach, tipe scale shot ini dapat menjadi alternative untuk memperlihatkan product Anda.

Panduan Foto Produk dengan HP untuk Berjualan Online

Sekarang ini, banyak photo produk dibuat menggunakan camera handphone. Alat yang dipakai simpel, tapi Anda harus juga melewati beberapa tahap untuk menyiapkan photo produk seperti berikut ini.

Mencari rekomendasi foto produk sebagai ide

Langkah pertama ialah mencari ide. Ini dapat dilaksanakan dengan cari gambar product yang serupa yang ada di internet. Bahkan juga photo produk dari merk favorite Anda di Google, IG, dan Pinterest.

Sesudah searching, Anda akan mendapati contoh-contoh photo produk yang bagus dan menarik. Disitulah anda bisa mencontohnya,misalkan sudut enggel gambar, konsep, bahkan juga property yang dipakai. Tetapi jangan lupa, jangan sama persis 100%, modivication saja contoh tersebut menurut kreatifitas anda.

Baca Juga : Kenapa Hp Iphone Layarnya Kedap Kedip

Tetapkan tema atau konsep photo

Selainnya cari rekomendasi, Anda harus juga tentukan tema atau konsep photo Anda. Tips Foto Produk dengan Hp ini penting untuk menampilkan karakter product yang tidak sama dengan rekomendasi.

Misalkan, ada usaha online sepatu kets. Nach, anda dapat memakai konsep dengan menggunakan jasa orang yang hendak melakukan aktifitas olahraga jogging memakai sepatu tsb. Anda dapat tentukan nuansa photo, misalkan elegan, keceriaan, full colour, putih hitam, dan lain-lain.

Persiapkan tempat dan latar belakang photo

Cara setelah itu mempersiapkan tempat khusus untuk pengambilan foto product. Mempersiapkan tempat untuk mengambil gambar penting untuk konsentrasi pada tugas Anda, jadi Anda tak perlu ribet menambah alat dan atribut untuk dipakai.

Saat menyediakan lokasi, yakinkan untuk pilih lokasi yang cukup jelas. Persiapkan latar belakang photo untuk menunjukkan product. Background yang biasa dipakai ialah putih terang, tapi juga tidak jarang orang menggunakan background yang warna-warni supaya kelihatan lebih bagus.

Pakai model atau property yang lain sebagai dukungan

Langkah selanjutnya untuk membuat citra product Anda makin menarik dengan menambah property yang menarik atau sewa jasa model. Ini supaya photo product tidak membosankan dan product kelihatan memberikan keyakinan dan memikat.

Misalkan, untuk photo product kopi sachet, Anda dapat melengkapinya dengan menuangkan coffee yang telah diseduh ke cangkir. Sebagai alternative, Anda dapat memakai bubuk coffee dan biji coffee.

Tips Foto Produk dengan Hp: Pakai alat bantu camera

Karena Anda hanya memakai handphone bukan berarti Anda tidak berkreatifitas. Tambahan alat seperti tripod dan lampu akan membantu meningkatkan kualitas photo yang dibuat.

Alat ini memang tidak harus karena Anda bisa mengedit photo setelai selesai. Tetapi, bila Anda mempunyai perlengkapan, lebih bagus memakainya karena semakin mudah untuk mengedit photo.

Tips Foto Produk dengan Hp: Mengatur pencahayaan

Satu hal yang penting jadi perhatian saat memfoto ialah penerangan. Pertama, tentukan lokasi yang cukup jelas. Bila tidak, penerangan tambahan harus disiapkan untuk memastikan penerangan product yang bagus.

Selain penerangan bikinan, cahaya matahari bisa juga dipakai. Nach, tipe lighting ini dapat anda kerjakan dengan ide sunset ataupun sunkiss untuk sebuah product kecantikan.

Tips Foto Produk dengan Hp : Mengatur seting camera

Setelah itu atur setting camera. Ini sangat penting karena mempengaruhi hasil akhir photo. Misalkan, mengatur resolusi gambar, kualitas gambar (HDR) dan pakai lampu kilat untuk mengamankan focus saat sebelum mengeklik tombol shutter.

Penting untuk mengamankan focus tersebut supaya gambar yang dibuat tidak kabur. Lihat jeda antara shutter sampai gambar diambil. Bila Anda memakai model lalu mempunyai jeda yang lama, pastikan model tidak bergerak sepanjang interval itu untuk menghindar photo blur/kabur.

Mengambil gambar dengan beberapa angle/pose/posisi

Di sini sudah masuk langkah pengambilan foto. Saat memfoto product, jangan puas hanya dengan 1 hasil. Cobalah ambil gambar dari beragam enggel, posisi, atau pose. Ini untuk menghindari perulangan proses ambil gambar saat photo kurang memberikan kepuasan sepanjang kurasi photo.

Pakai editing tools

Sesudah pengambilan foto usai, waktunya pilih photo terbaik yang telah diambil. Tapi jangan puas dulu. Anda dapat tingkatkan kualitas dengan mengeditnya. Misalkan, tingkatkan kontras, kecerahan, eksposur, saturasi, ketajaman, dll.

Untuk memakai feature ini, Anda bisa memakai program editor photo seperti PicsArt, Photoshop, dll. Atau, Anda bisa memakai editor photo standar handphone Anda. Selainnya untuk mengedit kualitas photo, Anda dapat menambah beberapa unsur untuk memperindah photo Anda.

Misalkan, menambah text, animasi, efek, dan yang lain sebagainya. Karena photo editor asli HP umumnya cuma menyediakan edit kualitas saja. Jadi ini umumnya cuma bisa dilaksanakan lewat aplikasi.

Baca Juga : Cara Flash Hp Samsung J5 2015 Tanpa PC

Tips Foto Produk dengan Hp : Tambah watermark

Cara paling akhir ialah menambah watermark. Ini penting bila usaha Anda banyak memiliki kompetitor. Menambah watermark membantu agar photo Anda tidak diculik dan dipakai oleh perusahaan lain tanpa ijin Anda.

Bukankah Anda tidak ingin foto yang sudah anda buat dengan susah payah diambil begitu saja?

Begitulah ulasan yang menyampaikan Tips Foto Produk dengan Hp. Memfoto product bukan hal yang gampang. Anda harus belajar keras untuk membikin photo product yang memikat.

Tetapi tidak boleh patah semangat! Selama Anda terus meningkatkan ketrampilan photografi Anda, Anda akan mencapai titik di mana Anda tak butuh banyak waktu cuma untuk memperoleh 1 gambar yang cantik.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA