Home  Penyebab Charger Laptop Tidak Mengisi dan Cara Mengatasinya

Penyebab Charger Laptop Tidak Mengisi dan Cara Mengatasinya

teknohow.comCharger Laptop Tidak Mengisi – Laptop menawarkan dukungan penggunaan yang lebih fleksibel daripada komputer biasa. Baterai internal memungkinkan Anda menggunakannya tanpa terikat ke sumber listrik.

Jadi jika charger tiba-tiba tidak bisa mengisi baterai, itu masalah. Laptop dapat secara otomatis kehilangan fleksibilitas penggunaannya atau menjadi sama sekali tidak dapat digunakan untuk aktivitas.

Sayangnya, masalah pengisi daya yang tidak dapat diisi ulang dapat mengganggu seseorang. Apalagi untuk laptop yang berumur panjang dimana kerusakan komponen bisa terjadi secara tiba-tiba.

Untuk memecahkan masalah pengisi daya tidak mengisi daya, Anda harus mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Ini bukan hal yang mudah karena bisa berbeda dari kasus ke kasus dan harus dipertimbangkan satu per satu.

Ada banyak alasan mengapa pengisi daya laptop Anda tidak dapat diisi daya. Jadi, dengan mengacu pada alasan berikut, Anda dapat dengan mudah menemukan solusi yang tepat untuk Anda segera.

Mengapa Charger Laptop Tidak Mengisi Daya?

Charger Laptop Tidak Mengisi

Bermasalah disambungan

Soket, charger, dan laptop diwajibkan terhubung dengan benar agar nantinya bisa mengisi daya ke baterai. Jika terjadi kesalahan, proses pengecasan baterai tidak akan berjalan dengan baik.

Jika pengisi daya tiba-tiba berhenti mengisi daya, Anda harus memeriksa semua koneksi. Anda harus memastikan bahwa kabel tersambung dengan baik dan tidak terputus dan steker terpasang sepenuhnya pada soket dan tidak kendor ataupun rusak.

Mungkin akan lebih gampang untuk melakukan pemeriksaan koneksi ini jika Anda memiliki meteran khusus yang disebut multimeter. Akan tetapi, jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat mencolokkan kembali charger tersebut ke stopkontak atau laptop.

Anda juga bisa mengganti soket atau kabel listrik yang Anda gunakan. Untuk memeriksa koneksi ini, Anda juga bisa menyewa charger yang sesuai untuk memastikannya.

Baca Juga : Cara Downgrade dari Windows 11 ke Windows 10

Konektor Baterai Tidak Tersambung Sempurna

Baterai laptop biasanya memakai konektor khusus untuk menyediakan daya atau mengisi daya. Jika tidak tersambung secara sempurna, proses pengisi daya mungkin terganggu atau terhenti.

Coba lepas baterainya terlebih dahulu, terutama pada laptop model baterai yang dapat dilepas. Lalu lakukan pembersihan pada konektor dengan sikat atau kain lalu pasang kembali. Kemudian, lakukan pengisian lagi.

Jika laptop anda dengan model baterai internal, laptop harus dibongkar. Jika kami masih baru atau takut akan kerusakan lebih lanjut pada perangkat kami, kami mungkin perlu mencari bantuan dari orang yang lebih berpengalaman dalam masalah ini.

Kemampuan Charger Menurun atau Rusak

Komponen dalam pengisi daya juga dapat menurun seiring waktu. Tentu saja, ini bisa menjadi masalah karena biasanya menghasilkan daya pengisian yang lebih sedikit daripada yang dibutuhkan laptop.

Keberhasilan proses pengisian daya tergantung pada daya yang dapat disuplai oleh pengisi daya. Jika laptop tidak memenuhi persyaratan minimum, baterai mungkin tidak dapat diisi karena catu daya hanya dapat menghidupkan perangkat.

Belum lagi apakah charger tersebut benar-benar rusak atau tidak. Seperti halnya perangkat elektronik lainnya, komponen internalnya dapat aus jika digunakan terus-menerus. Mungkin lebih cepat jika ada kesalahan penggunaan seperti korsleting, korsleting, dll.

Meminjam charger yang pas dengan laptop bisa dijadikan alternatif untuk mendiagnosis masalah ini. Jika nanti bisa melakukan charger, sebaiknya segera pertimbangkan untuk membeli charger baru.

Baca Juga : Cara Mengatasi Laptop Ngefreeze

Penurunan Kemampuan Baterai Laptop

Seperti halnya charger, kinerja baterai laptop bisa terus menurun seiring waktu. Secara umum, prosesnya bisa jauh lebih cepat daripada komponen elektronik lainnya.

Untungnya, penurunan baterai ini mudah dikenali. Salah satunya adalah meskipun dalam keadaan terisi penuh, laptop tidak dapat menyala secara real time atau laptop mati secara tiba-tiba yang ditandai dengan daya tahannya yang semakin pendek.

Penggantian baterai jelas merupakan satu-satunya pilihan yang dapat mengatasi masalah ini. Namun, Anda dapat membawa laptop ke tukang reparasi terlebih dahulu atau langsung ke pusat layanan pelanggan merek tersebut.


Sekian pembahasan tentang beberapa penyebab penyebab Charger Laptop Tidak Mengisi. Semoga bisa menambah wawasan anda dan bisa membantu jika anda mengalaminya. Terima kasih.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA